Kamis, 12 Januari 2012

Rubik's Cube dan Manfaatnya


Rubik’s Cube atau Kubus Rubik adalah sebuah puzzle mekanis yang diciptakan oleh seorang professor arsitektur asal negara Hungaria yang bernama Erno Rubik pada tahun 1974. Permainan puzzle ini mencapai puncak popularitasnya di awalawal tahun 1980an. Bahkan sempat dikatakan bahwa pada masa tersebut rata-rata setiap rumah di Amerika Serikat mempunyai sedikitnya satu buah permainan puzzle ini. Sampai detik ini diperkirakan telah lebih dari 100.000.000 Kubus Rubik terjual di seluruh dunia. Permainan ini diklaim dapat meningkatkan ketajaman kecerdasan visual spasial dan daya nalar, sehingga tak heran banyak orang kecanduan memainkannya.

Saat pertama kenal Rubik, saya sempat pesimis untuk apa sih belajar permainan yang cuma bikin pusing dan buang-buang waktu ini? Tapi setelah search di berbagai media ternyata rubik punya manfaat luar biasa, terutama bagi anak-anak usia dini. Jadi biarpun mengenal rubik bagi saya mungkin gak merubah susunan syaraf yang emang 'apa adanya', wekwekwek..tapi sobat bisa mengenalkan ini pada anak-anak sobat nantinya dan rasakan apa pengaruh positif bagi perkembangan otak mereka.
Manfaat Rubik's Cube Sebenarnya?

Pertama, bermain Rubik’s Cube dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan kebiasaan baik seperti kesabaran. Untuk memecahkan setiap skenario kubus menggunakan jumlah paling sedikit langkah ini tidak mudah: Kita harus berpikir perlahan. Tidak ada ruang untuk menebak karena kesalahan menebak merusak kerja yang dilakukan dalam satu jam terakhir. Ini akan membuat anak-anak untuk berpikir dengan hati-hati sebelum membuat gerakan, mirip dengan catur. Melalui permainan mereka belajar bahwa kesabaran dan ketekunan adalah kunci keberhasilan.

Kedua, tidak semua orang yang dapat memecahkan Rubik’s cube bisa dikatakan ahli dalam hal itu. Orang yang benar-benar ahli adalah mereka yang tidak perlu bergantung pada dugaan: Mereka adalah orang-orang yang mampu menginstruksikan para pemula tentang cara memecahkan kubus secara sistematis, dengan menggunakan penalaran logis bahwa setiap orang dapat mengerti.

Lainnya, melatih saraf sensorik, ketika anda belajar mengenali warna dan pola dari bentuk 3D rubik. Kemudian, saraf motorik juga akan terlatih, karena koordinasi jari-jari tangan dalam bermain, terutama dalam melakukan speedcubing (bermain dengan kecepatan tinggi). Lebih jauh, rubik’s cube akan melatih daya ingat ketika si pemain melakukan memorisasi pola-pola tertentu untuk menyelesaikan rubik yang teracak, Permainan ini akan melatih logika geometri atau susun bangun dalam kerangka otak pemain rubik, pas untuk anak usia dini yang masih dalam proses pembelajaran, semua itu akan sangat membantu daya ingat dan imajinasi anak sehingga otak anak akan berkembang.

Sabar sobat..link download tutorialnya saya siapkan kemudian, saya akan buat semudah dan sesederhana mungkin bahkan bagi sobat yang yang kemampuannya sama seperti saya..Rata-rata...!!! Ha..ha..ha..yang terpenting kan minat untuk belajar, ya tho..? Kalo gak sabaran juga, imel di formulakerjaonline@gmail.com atau boleh juga add facebook saya yobbie_aceh@yahoo.com. Jangan lupa untuk join site di blog ini. Saya akan bimbing anda sampai tuntas. Berbagi itu Indah dan Nikmat kok ;)

0 komentar:

Posting Komentar

Trims atas kunjungannya...Komentar bijak Anda sangat diharapkan demi kesempurnaan blog ini